Alat multimedia saat ini tidak hanya menggunakan komputer saja.
Alat komunikasi seperti HP pun sudah menjadi sebuah perangkat multimedia yang
semakin canggih. Dengan menggunakan HP yang terbaru kita bisa menggunakan
fasilitas teleconference, menonton TV, mengakses internet dan berbagai
fasilitas wireless (koneksi tanpa kabel) lainnya.
Selain HP atau ponsel, kamera digital saat ini juga sudah
berfungsi sebagai perangkat multimedia yang dapat menyajikan suara, teks,
animasi walaupun belum dapat mengakses internet.
Secara umum, perangkat multimedia dikelompokkan menjadi dua,
yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.Hardware yang diperlukan untuk komputer
multimedia tergantung kepada pilihan pribadi, anggaran biaya, jenis material
dan isi dari proyek multimedia.
1)
Perangkat keras multimedia
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk multimedia dapat dikelompokkan menjadi lima,
yaitu perangkat konektor, input, output, penyimpan dan perangkat komunikasi
a)
Perangkat konektor
Diantara beberapa perangkat komputer,
monitor, hardisk, video proyektor, speaker dan perangkat-perangkat lain,
terdapat terdapat kabel-kabel yang menghubungkan. Kecepatan transfer data
perangkat konektor yang digunakan akan menentukan kecepatan pengiriman content
multimedia. Beberapa perangkat konektor yang biasa digunakan adalah :
ü
Small computer system interface (SCSI)
SCSI merupakan perangkat standar untuk penghubung secara fisik dan
pertukaran data antara komputer dan peripheral. Standar SCSI mendefinisikan
perintah, protokol, serta antarmuka elektrik dan optic. SCSI biasa digunakan
untuk hard disk.
ü
Media control interface (MCI)
MCI merupakan perpanjangan dari API untuk mengendalikan peripheral
multimedia yang terhubung dengan computer. MCI terdiri dari empat bagian, yaitu
AVI video, CD audio, sequencer dan wave audio.
ü
Intergrated drive electronic (IDE)
Antarmuka IDE merupakan standard untuk media penyimpan yang terhubung ke
komputer.
ü
Universal serial bus (USB)
USB merupakan standard bus serial untuk menghubungkan beberapa
perangkat. USB di desain untuk memungkinkan berbagai peripheral terhubung
menggunakan sebuah soket antarmuka standard dan memiliki kemampuan plug and play, artinya perangkat dapat
dipasang dan dilepas tanpa harus mematikan komputer terlebih dahulu.
ü
High-definition multimedia interface (HDMI)
HDMI adalah
sebuah standard koneksi digital yang dirancang untuk menampilkan gambar dan
suara resolusi tinggi. Kelebihannya adalah, kabel HDMI dapat menampilkan gambar
Full-HD, Surround Sound, control signal, bahkan data Ethernet, hanya dengan
satu kabel.
b)
Perangkat input
Perangkat input adalah perangkat yang berfungsi
untuk mentransformasi informasi dari dunia luar untuk diolah oleh komputer.
Perangkat input biasanya dikendalikan secara langsung oleh pengguna. Beberapa
perangkat input tersebut antara lain :
ü
Keyboard
ü
Perangkat pointing (mouse, touchpad, touchscreen, trackball, lightpen)
ü
Perangkat input gambar dan video (scanner, webcam)
ü
Perangkat input audio (microphone)
c)
Perangkat output
Perangkat output adalah perangkat yang
digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data dari komputer kepada
pengguna. Perangkat output antara lain speaker, amplifier, monitor, proyektor,
printer.
d)
Perangkat penyimpan
Perangkat penyimpan adalah perangkat
untuk merekam atau menyimpan informasi (data). Perangkat penyimpan dapat
digunakan untuk menahan maupun memproses data.
Beberapa perangkat penyimpan tersebut antara lain :
ü
Random access memory (RAM)
RAM merupakan memori utama yang digunakan untuk inisialisasi sistem
operasi dan juga program aplikasi. RAM bersifat volatile dan setiap program yang diakhiri/ditutup maka akan dihapus
dari RAM. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat waktu pemrosesan.
ü
Read only memory (ROM)
ROM bersifat non-volatile. ROM
biasa digunakan pada komputer untuk menyimpan program BIOS yang digunakan untuk
inisialisasi booting komputer. Pada printer, ROM digunakan untuk menyimpan
font.
ü
Hardisk
Hardisk merupakan perangkat penyimpan untuk data biner yang mudah dibaca
oleh komputer.
ü
Compact disk (CD)
CD adalah sebuah
media penyimpanan yang berbentuk piringan. Atau disebut juga optik pada
generasi pertama yang menggantikan disket (floppy disc) pada waktu itu karena
CD memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang sama. CD
banyak digunakan untuk membuat film dengan resolusi kecil atau sebagai media
transmisi software-software aplikasi.CD memiliki kapasitas penyimpanan data 700
MB
ü
Digital versatile disk (DVD)
DVD adalah media
penyimpanan optik yang populer. Penggunaan utamanya untuk menyimpan video dan
data. Sesuai dengan namanya, ukuran fisik standarnya sama dengan CD (Compact
Disc), namun dengan kapasitas enam kali lipat dari CD.
e)
Perangkat komunikasi
Aplikasi multimedia dibuat oleh sebuah
tim yang terdiri dari beberapa orang, yang bisa jadi bekerja dalam satu gedung,
namun dapat pula bekerja pada gedung yang berlainan dan berjauhan jaraknya.
Sehingga dibutuhkan perangkat komunikasi untuk saling menghubungkan mereka.
Perangkat komunikasi tersebut antara lain modem dan ISDN.
2)
Perangkat lunak multimedia
Perangkat lunak
multimedia adalah komponen-komponen dalam data
processing system, berupa program-program untuk
mengontrol bekerjanya sistem
komputer multimedia. Perangkat
lunak ini digolongkan menjadi
tiga bagian yaitu
bahasa pemrograman multimedia,
perangkat lunak sistem multimedia dan perangkat lunak
aplikasi multimedia.
o Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman
Multimedia adalah bahasa-bahasa
yang digunakan programmer
untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder,
Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.
o Perangkat Lunak Sistem (System Software)
Perangkat lunak
ini terdiri dari sistem
operasi (Operating System)
misalnya DOS (Disc
Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP,
Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi
utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus.
o Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak
aplikasi multimedia merupakan
aplikasi-aplikasi yang dibuat
oleh personal atau organisasi untuk
user yang beroperasi
dalam bidang-bidang
multimedia spesifik seperti
grafik 2D, modeling dan animasi.
a)
Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah
teks yang banyak
digunakan misalnya Microsoft Word, Word
Star for Windows, Word Perfect
dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open
source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
b)
Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi
pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
-
Grafik
2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
-
Grafik
2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp. Animasi,
misalnya Macromedia Flash.
c)
Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik
3D
Contoh dari
perangkat lunak Animasi
dan modeling Grafik
3D adalah 3D
Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan lain
sebagainya.
d)
Perangkat Lunak Authoring Multimedia
Authoring merupakan
aplikasi komputer yang
memberikan peluang kepada
pengguna untuk mengembangkan
sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan
dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan
aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia
Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Jenis perangkat ini dibagi menjadi
tiga kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis icon dan
authoring berbasis waktu.
Authoring berbasis halaman merupakan
authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi elemen-elemen
dalam halaman atau
buku tersebut. Contoh dari
aplikasi ini adalah HyperCard dan ToolBook Assistant.
Authoring berbasis
icon menggunakan konsep
flowchart untuk membuat
aliran elemen-elemen multimedia
yang dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan
diagram alir aktivitas
sepanjang jalur percabangan,
contohnya adalah Microsoft
Power Point dan Macromedia Authorware.
Authoring berbasis
waktu merupakan pengembangan
paket multimedia sebagai
pengorganisasian objek sepanjang lini waktu. Frame yang diorganisasikan
secara berurut kemudian ditampilkan kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi
yang menggunakan cara ini adalah Macromedia Director.
Authoring DVD adalah aplikasi yang
digunakan untuk menampilkan menu interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle
Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.
e)
Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh
produk-produk mendesain web antara lain
adalah Macromedia Flash yang digunakan
untuk membuat animasi grafis pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft
Front Page.
0 komentar:
Post a Comment